Praktek Belajar Komputer Bukan di Lab. Komputer Tapi di Warnet

Di depan warnet ramai sekali suara, saya lihat anak-anak SMP. Salah satu SMP yang ada di daerah tempat saya tinggal sekarang. Ternyata ada salah satu bapak guru diantaranya. “Permisi mba?”. “iya Pak, ada yang bisa dibantu?”. “ini mba mau pakai warnetnya buat praktek pelajaran komputer”. saya sambil mengingat dulu juga ada sekolahan yang praktek disini, saya belum berani nanya disekolahnya laboratorium komputernya rusak apa Pak, tapi ku urungkan bertanya saya cuma menjawab “iya silakan”. “paket apa personal Pak?”. ” yang personal aja”. Ada 7 room yang terpakai, 1 room diisi 2 orang jadi ada 14 anak yang praktek. sambil saya online saya menyimak bapak guru memberi instruksi, mereka sedang belajar tentang microsoft word, belajar tab yang ada di word. sebagian murid belum paham, Pak Guru menghampiri satu persatu, berhubung design warnetnya bukan tempat laboratorium atau tempat kursus. ya harus butuh ekstra kesabaran. yang saya kagumi adalah niat dari sekolah atau bapak gurunya supaya anak didiknya jangan sampai ngga mengenal komputer ataupun mengoperasikannya. bekal buat mereka kelak saat mereka bersaing di sekolah dan Perguruan Tinggi. kapan sekolah mereka bisa mendapatkan fasilitas yang sama dengan sekolah-sekolah yang semua fasilitasnya lengkap.

semua anak mempunyai kesempatan yang sama untuk menentukan nasib hidupnya kelak. walaupun mereka belajar di warnet tapi mereka cukup senang, menyisihkan uang jajan mereka buat belajar dengan menggunakan fasilitas umum.

yang sabar ya pak Guru, peran Pak Guru juga anak- anak didiknya kelak menjadi orang-orang yang terampil dan siap bersaing dengan sekolah-sekolah yang berada di perkotaan.

saya pun tertegun untuk memberikan potongan harga demi kelancaran.

Tinggalkan Balasan

