“Gatot” Warisan Leluhur

Gatot adalah makanan tradisional jawa yang terbuat dari singkong utuh yang dikupas kulitnya kemudian dijemur sampai kering dan berwarna kehitam-hitaman,kemudian dicuci sampai bersih,lalu direbus,dan ditiriskan.

makanan tradisional ini dahulu sejarahnya zaman perang masyarakat jawa kesulitan mendapatkan beras sebagai bahan makanan pokok, kemudian dari bahan yang ada di olah menjadi bahan makanan pengganti beras dan tahan lama sehingga dapat dikonsumsi.

Gatot mengandung cukup karbohidrat dan serat, sehingga bisa  sebagai bahan pengganti makanan pokok sehari-hari. seiring perkembangan zaman gatot dijadikan sebagai cemilan sehari-hari, gatot masih banyak ditemukan dipasar tradisional jawa khususnya.

GATOT sendiri bentuknya seperti potongan ubi busuk, berwarna hitam dan lengket. karena proses pembuatannya dengan cara menjemur dan menghujan hujankan selama lebih kurang sepuluh hari.
nah setelah proses fermentasi selesai. tinggal pengolahannya saja.

awalnya saya melihat makanan Gatot ini unik, awalnya tidak mengundang selera. ketika dicoba rasanya manis, kenyal dan gurih dari parutan kelapa.

bagi teman-teman pencinta makanan tradisional, mari dicoba…..

Gambar

 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s