Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Secara Sederhana

I. Pendahuluan

I.1 Latar Belakang

Lalat buah (“TrueFruit Fly, famili Tephritidae) merupakan serangga perusak yang banyak menyerang buah-buahan dan sayuran, seperti tanaman cabe, tomat, melon, belimbing, jambu biji, jambu air, nangka,jeruk, dll. berdasarkan data yang ada sudah tercatat kurang lebih 5000 spesies yang sudah dideskripsi yang terbagi ke dalam 500 genus. Dari jumlah spesies tersebut, sebagian besar berperan sebagai hama, misalnya genus Bactrocera, namun sebagian kecil dari mereka berperan sebagai “musuh alami”, misalnya genus Procecidochares sp. yang menyerang Gulma Siam (Chromolaena odorata).

Berdasarkan penelitian menunjukkan terdapat lebih kurang 4.500 spesies lalat buah diseluruh dunia yang berasal dari famili Tephritidae yang menjadi perusak tanaman. Namun begitu, dari jumlah tersebut, terdapat 20 spesies dari gen Bactrocera adalah merupakan perusak utama pada buah-buahan dan sayuran di Asia.  Di negara-negara tropik seperti di Indonesia, lalat buah memperoleh lingkungan yang pas, terutama karena tersedia pakan yang melimpah dan didukung oleh iklim yang ideal.

secara morfologi Lalat buah mempunyai empat stadium  yaitu telur, larva, pupa dan imago (serangga dewasa). Lalat buah betina meletakkan telur ke dalam buah dengan ovipositornya (alat peletak telur). Telur berwarna putih, berbentuk bulat panjang, dan diletakkan berkelompok 2 -15 butir.  Telur menetas setelah 37- 48 jam atau dapat mencapai 20 hari jika suhu sangat rendah. Fase larva berlangsung 7-16 hari dan fase pupa 7-13 hari di dalam tanah, atau bisa mencapai  3 bulan pada kondisi suhu sangat rendah. Setelah keluar dari pupa 8 -12 hari kemudian stadium dewasa mulai melakukan perkawinan dan mampu hidup selama 1-3 bulan.

Lalat buah adalah jenis serangga hama yang dapat menimbulkan kerusakan yang bersifat kualitatif (berpengaruh pada mutu hasil panen) maupun kuantitatif (berpengaruh pada jumlah panen). Buah yang diserang sindat lalat buah akan membusuk, kemudian jatuh ke tanah (rontok) adapun gejala serangan yang terjadi pada buah dan sayur ,gejala awal yaitu pada kulit buah yang terserang tampak titik noda hitam yang merupakan bekas tusukan ovipositor saat meletakan telur.  Apabila buah dibelah, akan telihat belatung atau larva lalat buah. Larva akan merusak daging buah sehingga menjadi busuk dan gugur sebelum tua/masak.  Buah yang gugur ini akan menjadi sumber serangan jika tidak dimusnahkan.

Serangan lalat buah dapat menimbulkan kerugian khususnya para petani buah dan sayur yang mengurangi jumlah hasil panen mereka, sehingga untuk mengurangi dan membasmi lalat buah yang menyerang tanaman buah dan sayuran bisa dengan membuat “Perangkap Alat Buah Sederhana”. dengan Petrogenol (larutan pengendali lalat buah).

I.2 Tujuan

Tujuan praktek kerja ini untuk membantu para petani buah dan sayuran dengan biaya yang murah bisa membuat sendiri Perangkap Alat Buah ini secara mudah, murah dan sederhana.

 

II. Bahan dan Metode

II.1 Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan dalam praktek ini, yaitu:

Alat : kawat, kapas, botol plastik kosong, korek api, lilin, pisau dan jarum suntikan

Bahan : Petrogenol (Metil Eugenol 800 g/l) dan minyak goreng

III. Hasil dan Pembahasan

cara membuat perangkap alat buah

cara membuat perangkap alat buah

 

IV. Kesimpulan dan Saran

a) Kesimpulan

perangkap alat buah ini sudah dipraktekan, hasilnya banyak lalat buah yang mati di dalam perangkap sehingga bisa mengurangi buah dan sayuran yang membusuk akibat serangga lalat buah dan juga bisa meningkatkan hasil panen buah dan sayuran.

b) Saran

Dengan Perangkap Lalat buah yang sederhana ini bisa mengurangi dan mengendalikan hama serangga lalat buah, selain itu juga perangkap lalat buah perlu dikembangkan dengan peralatan yang lebih modern dan mudah untuk dijangkau.

 

 

Sekian, Selamat Mempraktekan.

—-Dewi Kartika Sukmono—

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s